Muslim Harus Berperan Bukan Baperan




Aziza Muf'ida-

Presentase Muslim di Dunia

Berapa persen muslim didunia? Apa agama nomor 1 didunia?

Sebelumnya kita harus tahu bahwasanya, Muslim itu pemeluk agama Islam yang belum tentu mecerminkan ajaran atau syari’at Islam sedangkan Islam sendiri adalah Agama yang berpegang teguh pada Al-qur’an dan As-sunnah yang dimana isinya mengedepankan nilai-nilai ajaran dan syari’at Islam berlaku sampai akhir zaman.

Dalam presentase data google research telah meperlihatkan pada tahun 2023 Islam memiliki 24% Penganut dari 8 Miliar jiwa. Sudah terbayang muslim hanya ada 2 Miliar dari 8 Miliar. Google research juga memperlihatkan agama nomor satu didunia dengan data barunya cukup menampar, Agama Kristen berhasil menduduki urutan nomor satu dengan 2,8 Miliar jiwa penganut Agama Kristen. Sudah terbayang?! Selisihnya non muslim mencapai 73%. Itu PR kita! Jika Peran mudanya Muhammad Al Fatih berhasil  menaklukkan kota konstantinopel, maka kita tidak ada alasan untuk tidak berperan dalam Islam!

Mau jadi Muslim berpengaruh atau dipengaruhi?

Masa kejayaan Islam terjadi antara tahun 650-1250 M dengan ditandai oleh berkembangnya kebudayaan Islam dengan pesat dan mempengaruhi sebagian besar dari dunia. Sebaliknya di zaman serba digital sekarang ini, sudahkah kita memberi pengaruh nilai-nilai islam sebagai seorang muslim? Atau malah terpengaruh budaya lain sehingga kita lupa untuk memperdalam ajaran Islam sampai sesuatu yang dinilai fatal dalam ajaran Islam tapi banyak seorang muslim menganggapnya biasa saja. Kita lihat generasi kita sekarang. Untuk melihatnya jangan jauh-jauh cukup hitung ada berapa dari keluarga besar kita yang tertarik budaya korea, ada berapa muslim dari keluarga kita yang menganggap pacaran adalah hal biasa, hilangnya privasi setiap pribadi. Jika dikeluarga kita sendiri ada satu gila budaya korea, satu lagi biasa pacaran. Itu baru keluarga sendiri belum keluarga teman kalian yang satu kelasnya ada 40. Bisa jadi didekat kita sendiri sudah ada yang sampai 40 orang, gimana dengan hitungan muslim sedunia? Mulai kita perbarui generasi, gunakan digital sebagai energi dakwah umat saat ini. Sekreatif mungkinlah kita sekarang dalam mendakwahi, jangan sampai kalah dengan kreatif maksiat sekarang ini.

            Mari eksperimen posting reels konten dakwah dengan reels music dengan gambar artis korea. Kita akan melihat banyaknya muslim yang lebih memilih kearah mana? Setelah kita tahu maka hapuslah konten jahiliyah kita yang bahayanya bisa jadi bobot timbangan buruk diakhirat. Maka mulailah dari diri kita sendiri untuk menjadi muslim yang secara kaffah, menyeluruh secara sempurna. Berperanlah diusiamu ini mulai sekarang, jangan baperan dengan kemaksiatan-kemaksiatan yang mulai kreatif.

Allah itu TIDAK butuh hamba-Nya,

            Tugas seorang muslim adalah berbuat baik dan mentransfer kebaikan itu ke orang lain. Baik dan buruk itu pilihan seorang manusia yang Allah anugerahi akal dalam memilih. Dan hidayah keridloan Allah pada manusia itu tergantung atas izin Allah SWT. Yang menjadi pertanyaan, apakah kita ada peran didalamnya? Jika palestina sudah ditakdirkan akan menang pada waktunya, seseorang akan berubah baik pada waktunya, apakah kita ada peran didalamnya?  Allah bisa menjadikan 70%nya semua umat itu masuk islam, Allah bisa memusnahkan Zionis Israel dalam waktu yang cepat. Itulah peluang-peluang amal kita, yang dimana sejatinya Allah itu tidak butuh kita. Berjuang atau berdakwahnya kita itu untuk kita sendiri. Sebab Allah tidak butuh kita.

Ketika kita memberi contoh kebaikan pada orang lain lalu orang lain mulai mengikuti, itu bukan karena kita. Tapi itu juga atas Izin Allah SWT. Perantara kita. Disitulah kenapa kita wajib berperan dalam Islam. Karena sebetulnya yang butuh itu kita bukan Allah SWT. Profesimu sekarang mulailah tanamkan nilai-nilai islam dari sekarang. Jangan gengsi hingga ikuta-ikutan trand tak malu dengan identitasnya sebagai seorang muslim. Sedang trandnya joget depan kamera, ikut-ikutan. Apalagi yang Muslimah. Dimana nilai-nilai islamnya? Disinggung dengan kebaikan, mulai baperan. Mulai berargumen radikal. Islam dulu sampai sekarang tetap sama Islam. Muslim dulu dan sekarang akan berbeda, maka jadilah muslim yang tetap memperlihatkan akhlak nilai-nilai Islam meski tak lahir di Zaman Kejayaan Islam.

Muslim Harus Berperan Bukan Baperan Muslim Harus Berperan Bukan Baperan Reviewed by Admin Nomizo.co on Sunday, May 14, 2023 Rating: 5

No comments

Related Posts No. (ex: 9)