Negara Gagal Melindungi Generasi



Aziza Muf'ida-

Negara Gagal Melindungi Generasi

Pergaulan bebas, tawuran, hingga fenomena hamil diluar nikah sampai maraknya penikahan dini adalah buah dari ketidakmampuan sistem pendidikan dalam membentuk pelajar jadi sosok bertaqwa dan berilmu pengetahuan. Mirisnya tidak ada satupun pernyataan prihatin dari negara terhadap fenomena ini. Hal ini tidak lepas dari paradigma negara dalam memandang persoalan yang dianggap perkara biasa atau tidak penting hingga tidak memberi respon yang berarti.

 

Pendidikan Islam Jadi Solusi

Pendidikan Islam guna membentuk manusia yang berkepribadian muslim berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam yang sebenarnya sesuai dengan Al Qur’an dan Assunnah.

Sesungguhnya Aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak.” (HR. Al-Baihaqi),

Dari hadist diatas jelas sistem pendidikan yang baik agar terbentuknya generasi yang bertaqwa dan berilmu pengetahuan adalah sistem pendidikan Islam, yang mengedepankan nilai-nilai ajaran Islam yang berepegang teguh pada Al-Qur;an dan Assunnah. Sangat jelas dalam Al Qur’an mengajarkan haramnya perbuatan zina atau hamil diluar nikah (Qs. Al-Isra’ : 2). Islam mengajarkan untuk cinta kedamain dan membenci permusuhan atau tawuran (Al-Anfal : 61). Islam menjadi solusi sistem pendidikan hingga persoalan kehidupan.


Akibat Gagalnya Sistem Pendidikan

Tak heran banyak para orang tua menyekolahkan anaknya sekolah swasta dibanding sekolah negeri. Meski para orang tua harus siap merogoh dompet untuk biaya pendidikan swasta  yang cukup mahal. Dan akibat dari banyaknya para orang tua dalam menyekolahkan anaknya di penedidikan swasta berbagai jenjang membuat beberapa sekolah negeri terutama jenjang SD yang tidak mendapatkan murid sehingga pemerintah daerah menutupnya. Hal itu tidak dijadikan bahan evaluasi untuk kemajuan pendidikan yang dimana sebelumnya sudah diperkirakan dari data sedikitnya murid hingga hilangnya murid, bukan jadi acuan untuk perbaikan malah diteruskan.

 

Tidak ada murid dan ditutupnya sekolah oleh pemerintah daerah setempat termasuk gagalnya negara dalam konstribusi sistem pendidikan bangsa. Maka tak heran lagi banyaknya sekolah-sekolah swasta baik atas nama perorangan, oraganisasi dan yayasan atau lembaga yang sadar pendidikan dengan menerapkan sistem gabuangan antara sistem pendidikan negeri dan sistem pendidikan pendiri setempat. Tentunya dengan harapan yang besar agar dapat menangani sedikit banyaknya persoalan ini, tak lain untuk mencetak generasi yang bertaqwa dan berilmu pengetahuan.

 

Banyak dan sedikitnya nya sekolah swasta dan negeri bisa kita lihat dari laporan BPS (Badan Pusat Statistik) melaporkan jumlah sekolah di Indonesia 2023 diantaranya : 94,67% jenjang TK swasta; 93,54% jenjang SD/MI swasta; 92,03%  jenjang SMP/Mts swasta; dan 91,75% jenjang SMA/MA swasta. BPS menyimpulkan bahwa mayoritas TK/RA, SD/MI, SMP/Mts, dan SMA/MA/SMK dikelola oleh swasta.

Dari situ bisa kita simpulkan bahwa negara tidak hanya gagal dalam melindungi generasi, tapi memang negara tidak take action dalam melindungi generasi.

 

Negara Gagal Melindungi Generasi Negara Gagal Melindungi Generasi Reviewed by Admin Nomizo.co on Monday, July 10, 2023 Rating: 5

No comments

Related Posts No. (ex: 9)